Metropolitan

* Relaksasi Tunggakan Iuran

BPJS Kesehatan Perkenalkan Program Keringanan Pembayaran Tunggakan JKN

Dumai Dokumentasi | Kamis, 13 Agustus 2020 - 20:44:28 WIB | dibaca: 657 pembaca


DUMAIDOKUMENTASI.TV ( DUMAI )- Mengingat banyaknya peserta JKN yang menunggak, apalagi di masa Pandemi Covid 19, BPJS Kesehatan Cabang Dumai memberikan keringanan 

pembayaran tunggakan bagi peserta PBPU dan PPU BU yang memiliki tunggakan lebih dari 6 bulan tunggakan iuran dengan sisa tunggakan yang wajib dilunasi paling lambat Desember 2021.

'' Relaksasi tunggakan diberikan sampai dengan Desember 2020 dan sisa tunggakannya harus dilunasi paling lambat sampai dengan Desember 2021. Besaran tunggakan yang dibayarkan paling sedikit 6 bulan tunggakan dan untuk aktivasi peserta ditambahkan pembayaran iuran bulan berjalan. Jadi, peserta dapat melunasi seluruh sisa tunggakan atau mengikuti Program Cicilan setelah mengikuti Program Relaksasi Tunggakan''ujar Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kota Dumai Harie Wibhawa dalam jumpa Pers Rabu (12/8/2020 ) di Hotel The Zuri Dumai.

Adapun persyaratan Program Keringanan Pembayaran Tunggakan JKN (Relaksasi Tunggakan) yakni peserta PBPU dan PPU BU, memiliki tunggakan lebih dari 6 bulan, melakukan pendaftaran sesuai ketentuan yang berlaku pada kanal pendaftaran yang telah ditetapkan, melakukan pembayaran tagihan relaksasi tunggakan pada bulan berjalan (min 6 bulan + 1 bulan berjalan), melakukan pembayaran iuran bulan berikutnya secara rutin paling lambat tanggal 10 setiap bulan sesuai tagihan. Membayar sisa tunggakan dengan cara melunasi atau memanfaatkan Program Cicilan paling lambat Desember 2021 serta bagi Peserta yang akan memanfaatkan Program Cicilan wajib terlebih dahulu membayar tunggakan relaksasi dan melakukan pendaftaran cicilan pada kanal pendaftaran yang telah ditetapkan.

Dijelaskan, pendaftaran Program Keringanan Pembayaran Tunggakan JKN (Relaksasi Iuran) Segmentasi Peserta PBPU dan BP bisa melalui Mobile JKN (Self Service) pada menu Program Relaksasi, Kantor Cabang BPJS Kesehatan (melalui Aplikasi SIPP Cabang) dengan membawa FC KK dan KTP dan apabila diwakilkan dengan membawa Surat  Kuasa  bermaterai dan FC KTP Peserta yang memberi Kuasa. '' BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 (melalui Aplikasi Care Center) pada menu Relaksasi''jelas Harie. 

Lebih lanjut dijelaskan, BPJS Kesehatan Dumai sendiri menaungi lima wilayah kerja. Tunggakan terbesar pada Kabupaten Bengkalis Rp27.396 M, kemudian Rokan Hilir Rp22.037 M, disusul Kota Dumai Rp.14.278 M, Kabupaten Siak Rp.11.493 M serta Kepulauan Meranti Rp.2.084 M.

Apabila sampai dengan 31 Desember 2021 Peserta tidak melakukan pelunasan sisa tunggakan, maka Per tanggal 1 Januari 2022 status kepesertaan menjadi tidak aktif. Seluruh tunggakan menjadi tagihan di bulan Januari 2022 dengan maksimal tunggakan yang diperhitungkan, yaitu 24 (dua puluh empat) bulan.(mdi)




Video Terkait:










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)