Pekanbaru

* Pengobatan Kepada Warga Akibat dampak Kabut Asap

LSM Peduli SDM Riau bersama Rescue Nasdem Gelar Aksi Sosial

Dumai Dokumentasi | Rabu, 04 November 2015 - 16:35:59 WIB | dibaca: 1125 pembaca

Dewan Pengurus Pusat Lembaga Swadaya Masyarakat Peduli Sumber Daya Manusia Provinsi Riau (DPP LSM Peduli SDM) Provinsi Riau yang bekerjasama dengan Badan Rescue Nasdem


DOKUMENTASIDUMAI.TV (PEKANBARU)- Dewan Pengurus Pusat Lembaga Swadaya Masyarakat Peduli Sumber Daya Manusia Provinsi Riau (DPP LSM Peduli SDM) Provinsi Riau yang bekerjasama dengan Badan Rescue Nasdem mengerahkan 26 tim medis dari Jakarta, diantaranya 12 dokter untuk melakukan kegiatan sosial yang dipusatkan di pelataran Mesjid Dzikrullah, Perumahan Karya Yepupa Indah Pekanbaru.

Sekitar 400 warga mengunjungi posko peduli dampak asap di Jalan Pendidikan Perm Karya Yepupa Indah RW 20, Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan, Pekanbaru, Selasa (3/11/2015). Korban dampak kabut asap kebanyakan mengeluhkan sakit pada bagian pernafasan, demam dan pilek akibat terlalu lama menghirup udara tercemar di Riau khususnya Kota Pekanbaru.

Ketua Umum DPP. LSM Peduli SDM Provinsi Riau Khairuddin Al-Young Riau mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan murni bentuk kepedulian sebagai warga Riau setelah dilanda bencana asap hampir 4 bulan belakangan ini. '' Setelah kita minta Plt. Gubri menetapkan Riau Darurat Asap melalui Konferensi pers bersama rekan-rekan ORMAS, LSM, DPRD, dan Tokoh Masyarakat kita beberapa bulan yang lalu, kini tentu banyak warga kita terserang penyakit ISPA saluran pernafasan dan dampak penyakit lainnya''ujar Khairuddin.

Aksi sosial ini juga katanya, bentuk gerakan nyata kita melawan asap. '' Paling tidak kita turun ke masyarakat langsung dengan menerjunkan dokter hlinya, semoga ini biar pun kecil tapi mudah-mudahan bermanfaat bagi warga kita''  terangnya Khairuddin Al-Young Riau yang juga Ketua DPW PJI Riau ini. Katanya, rasa kepedulian itu yang terpenting, darimana saja asal, jika itu dibutuhkan, baik dan benar di mata masyarakat, tentu itu dimanfaatkan.

Sementara itu koordinator tim penanggulangan dampak bencana asap DPW Partai Nasdem Riau Refrinaldi mengatakan, tim medis sengaja didatangkan pasca kabut asap karena justru lebih efektif untuk memulihkan kesehatan. '' Jika disaat bencana, pengobatan kurang tepat, sebab warga terus menghirup asap. Kalau sekarang, udara sudah bersih, jadi pengobatan langsung memulihkan," kata Refrinaldi. Korban kabut asap terdiri dari anak-anak dan ibu rumah tangga yang terpapar kabut asap.

Ketua RW 20, Kelurahan Sidomulyo Barat, Dasrizal mengatakan bahwa kegiatan sosial ini cukup membantu warga, "kegiatan ini cukup meringankan beban warga yang sudah menderita akibat asap, apalagi dilakukan secara gratis, dan mewakili warga kami berterima kasih atas bantuan yang dilakukan kerjasama yang baik ini kedua belah pihak''ujarnya.(rls/DD-ard).










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)